Politik

Genjot Partisipasi Politik Pemilih Pemula, Kesbangpol Gelar Sosialisasi Bersama DPRD dan Akademisi


BERITA JAMBI – Tak henti-hentinya, upaya meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih kedepannya. Kali ini, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di Provinsi Jambi sanding DPRD dan Akademisi sosialisasi politik pada Pemilih Pemula.

Kegiatan tersebut, mengundang 40 orang perwakilan pelajar dan mahasiswa, yang di gelar di Aula Kesbangpol Provinsi Jambi, (Rabu, 17/02/2021).

Selanjutnya acara yang di gelar Kesbangpol untuk partisipasi politik pemula ini, mendatangkan pembicara dari Komisi I DPRD Provinsi Jambi, Akmaluddin SpdI. Selanjutnya, Akademisi Universitas Jambi Mochammad Farisi, SH LL M.

Baca Juga : Kabar Terbaru, Pembangunan Kawasan Industri Kemingking di Muaro Jambi

Kemudian, kegiatan tersebut mengangkat tema ‘Etika dan Budaya Politik di Jaman Milenial’. Dengan Di buka langsung, oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jambi Mukti Said SE ME.

Kepada DinamikaJambi.com Mukti mengatakan, sosialisasi ini menyasar kepada pemilih pemula berusia yang 17 tahun. Ia juga menuturkan, kegiatan ini sengaja di gelar, untuk meningkatkan kualitas demokrasi dan partisipasi pemilih pemula.

“Bagaimana hak politiknya, kemudian bagaimana politik yang santun. Sehingga, nanti ketika Ia memasuki usia 17 tahun tidak bingung. Sudah mengerti, apa sebenarnya yang di sebut dengan politik ,” ungkapnya.

Rangkaian acara tersebut, di mulai dari pembukaan hingga pemaparan materi sosialisasi.

Lihat Juga : Hampir 24 Jambi Hilang Di Gunung Masurai, 3 Mahasiswi UIN Jambi Ditemukan

Kemudian pimpinan Kesbangpol ini mengatakan, kegiatan ini akan berlanjut ke daerah- daerah lain. Sebagai bentuk persiapan menyambut pesta demokrasi kedepannya.

Peran Pemilih Pemula

Hal ini, senada dengan pernyataan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jambi, Akmaluddin SPd I, Dengan mengenakan Batik Merah, dewan yang akrab di sapa Bang Akmal ini mengatakan harapan kedepandari pemilih pemula.

“Berpikir rasional soal politik dan berpandangan pemilih pemula agar tidak termakan dengan issu hoaks. Dan pentingnya etika politik serta perilaku politik berlandaskan kepada Pancasila dan UUD. Mereka bisa menjadi penggerak bagi kawan-kawannya, untuk mengikuti proses ini dengan baik inilah yang di namakan demokrasi ,” tuturnya.

Lihat Juga Video : Jual iPhone Murah di Jambi, di amankan Polresta Jambi

Sementara itu menurut Dirinya, selain sebagai penggerak pemilih pemula juga memiki fungsi kritik. Penyampaian kritik yang beretika, dan tidak bertabrakan dengan hukum yang berlaku. (Tr02)



Source link

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Copyright © 2020 TERDEPAN.ID.

Ke Atas