Politik

Dari ASN di Merangin, Bawaslu Muaro Jambi Garap Al Haris Soal Kades


BERITA POLITIK – Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi, Senin (28/12/20) memeriksa Calon Gubernur nomor urut 03, Al Haris terkait laporan dugaan kecurangan Pilgub Jambi 2020. Jika sebelumnya ASN Merangin, kali ini terkait kades.

Bawaslu memeriksa Al Haris, dan Forum Kepala Desa Kabupaten Muaro Jambi atas dasar limpahan, laporan dari Bawaslu Provinsi Jambi.

Baca juga : Paslon 03 Diperiksa Gakumdu Merangin, 15 ASN Turut Diperiksa

Yasril Kordiv Hukum Penanganan Pelanggaran dan Sengketa Bawaslu Muaro Jambi menyebutkan, pemeriksaan dan pemanggilan itu terkait dengan peristiwa pertemuan Paslon 03 di Saung Robet dengan forum Kepala Desa seKabupaten Muaro Jambi.

“Paslon 03 sudah datang dan kita mintai keterangannya, dan sejumlah Kepala Desa di Kabupaten Muaro Jambi. Semua yang kita panggil hari ini ada 11 orang. Paslon Al Haris, 1 orang Ketua Forum Kepala Desa dan 6 orang Kepala Desa dan beberapa saksi lainnya,” ungkap Yusril di kutip dari Lamanesia.

Kemudian, Ia juga memaparkan bahwa saat ini mereka sedang mendalami kasus ini. Ia memberarkan bahwa ada pertemuan pertemuan kepala desa, serta saat ini mereka sedang mendalami siapa penggeraknya

“Kita akan terus dalami dengan Pasal 70 Ayat 1 dan pasa 71, semua terus kita dalami. Semua proses klarifikasi sudah kita terima. Dan semua saksi mengakui bahwa memang ada pertemuan, di Saung Robet. Dan melibatkan sejumlah Kepala Desa di Kabupaten Muaro Jambi. Untuk siapa yang menggerakkan mereka, keterangannya masih berbeda beda. Namun terus kita telusuri,” pungkas Yusril.

Kemudian setelah di periksa oleh Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi, terkait dugaan kecurangan Pilkada dengan pertemuan dengan Cagub Al Haris di Saung Robet.

Keterangan Ketua Forum Kades

Ketua Forum Kades se-Kabupaten Muaro Jambi Bustami, membeberkan soal pertemuan itu.

Ketua Forum Kades, Bustami sekaligus Kepala Desa Sakean, Kecamatan Kumpeh Ulu. Sedikit pun tidak membantah, atas pertemuan dengan Cagub Al Haris.

“Soal di Bawaslu, saya di tanya dan memberikan keterangan, soal pertemuan tanggal 24 itu, dengan calon Gubernur Al HAris. Benar kami melakukan pertemuan dengan calon Gubernur 03 Al Haris, di situ kami ramai. Dan saya tegaskan saya tidak ada sama sekali menggerakkan pertemuan itu, saya datang dan sudah ramai,” jelas Bustami.

Ditanya soal arahan untuk Pilkada 2020, Bustami bersikeras dan menutupi soal pembicaraan pada pertemuan itu.

“Kan kami di suruh datang dan makan, itu kan tempat umum,” kilahnya.

Lihat juga video : Bupati bilang sudah, BPBD Sebut Nunggak honor posko Covid-19 di Merangin

Informasi yang di dapatkan di lapangan, pertemuan sejumlah Kepala Desa di Kabupaten Muaro Jambi, di kerahkan dan di fasilitasi oleh pejabat di Kabupaten Muaro Jambi. Para kepala Desa ini di minta untuk memenangkan calon tertentu, secara massif di Kabupaten Muaro Jambi.

Tidak hanya para kepala Desa, saat pertemuan dengan Cagub 03 Al Haris, informasi yang di dapat di lapangan, bahwa pertemuan itu juga melibatkan sejumlah ASN aktif yang berdinas di Kabupaten Muaro Jambi. (Red)

 



Source link

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas