Politik

Selain Batik, Ratu Munawaroh Tertarik Kembangkan Kembali Kain Songket Jambi


BERITA PILGUB – Selain Batik, Cawagub Jambi Ratu Munawaroh juga tertarik kembali untuk mengembangkan kain songket Jambi. Hal ini tak terlepas dari bahwa Provinsi Jambi kaya akan kerajinan yang layak. Sehingga, bisa menjadi mata pencaharian kaum emak-emak.

“Jambi punya banyak kerajinan tangan. Selain batik, kita ada songket yang kedepan bisa kita kembangkan kembali,” sebut Cawagub yang berpasangan dengan Cagub Cek Endra ini.

Selain itu, Istri dari Zulkifli Nurdin, mantan Gubernur Jambi dua periode ini lantas menyebutkan ikhtiarnya pernah mengembangkan kerajinan batik dan songket saat menjadi Ketua Dekranasda Provinsi Jambi.

Baca Juga : Warga Muaro Air Duo Kalungi Bunga Kehormatan Kepada Ketua Koalisi Ce-Ratu

“Sepuluh tahun saya mendampingi almarhum bapak sebagai Ketua Dekranasda. Saya sudah lakukan revitalisasi songket Jambi bersama dengan beberapa kurator dan ahli tenun.” beber mantan Anggota DPR RI dapil Jambi ini.

Selain itu, lanjut Ratu, para kurator dan ahli tenun dalam beberapa perbincangan mengaku sangat kagum dengan keindahan songket Jambi.

“Subhanallah, mereka kagum dengan songket kita. Ini suatu hal yang wajib kita kembangkan kembali, bagaimana cara menjadikan songket Jambi kembali di kenal dan diakui di Indonesia ataupun dunia,” jelas Ratu.

Lebih jauh di katakan Ratu, pangsa songket Jambi memang harus kembali di genjot. Hal ini akan berdampak terhadap pembelian dan pendapatan para pengrajin songket yang ada di Jambi.

Lihat Video : Pelantikan Penjabat Bupati Bungo dan Tanjabtim

“Songket ini bisa kita jadikan oleh-oleh khas Jambi dari sisi kerajinan tenun. Maka dari itu, kedepan, saya sudah berkoordinasi dan di sambut baik oleh pak Cagub Cek Endra. Kami sepakat, baik batik ataupun songket kita kembangkan lagi,” terang Ratu.

Terakhir, menurut Ratu, dia memuji Susi salah seorang seniman songket Jambi. Kata Ratu, dedikasi tinggi kepedulian dan kecintaannya terhadap songket memacunya untuk lebih memajukan songket Jambi. (jin)



Source link

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Copyright © 2020 TERDEPAN.ID.

Ke Atas