COVID-19

Apakah Virus Corona Menyebar Lewat Makanan? Ini Jawabannya Terdepan


Apakah Virus Corona Menyebar Lewat Makanan? Ini Jawabannya

JAMBI Terdepan – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tetap mengizinkan restoran beroperasi di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, masyarakat tidak diizinkan untuk makan di tempat. Mereka hanya diperbolehkan untuk membungkus makanan alias take away.

Baca Juga : PSBB, Jutaan Sanksi Diterapkan

Menurut Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, tidak diperbolehkannya masyarakat menikmati makanan di restoran guna mencegah penularan Covid-19. Walaupun, belum ada penelitian yang menyebutkan corona bisa menular lewat makanan.

“Sejauh ini tidak. Tidak ada yang melalui perantara makanan,” kata Widyastuti di Channel YouTube Pemprov DKI Jakarta, Jumat (25/9/2020).

Covid-19, lanjut dia, bisa menular saat interaksi pengunjung di restoran.

“Itu potensinya menjadi ada,” ucapnya.

Menurut Widyastuti, potensi penularan itu muncul saat seseorang melepas maskernya ketika hendak makan. Selain itu, penularan terjadi saat pengunjung terkena cairan atau cipratan air liur yang dikeluarkan seseorang dari hidung atau mulut saat bersin, batuk, bahkan berbicara yang disebut ‘droplet’.

Baca Juga : Covid-19, Konser BTS Dibatalkan

“Kita nggak tahu satu ruangan itu siapa saja yang potensi positif, karena tidak ada pemeriksaan swab sebelumnya. Nah, pada saat bersamaan, waktu yang bersamaan, buka masker bersamaan, sambil ngobrol, makan, di situ jadi potensi menular,” tandasnya. (esa)

Sumber : Siberindo.com



Source link

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas